Sabtu, 20 Agustus 2016

Contoh RPP Kurikulum 2013 (K13)



Contoh RPP K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMP NEG ................
Mata Pelajaran            : Bahasa Daerah (Bugis)
Kelas/Semester            : VIII / I
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit (1 x Pertemuan)
A.      Kompetensi Inti
KI 1          Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2          Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3          Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4          Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.       Kompetensi Dasar
3.  Membacakan cerita dalam bahasa Bugis dengan lafal dan intonasi yang tepat
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami pengertian cerita dengan baik dan benar
3.2  Membacakan naskah cerita dengan lafal nada, tekanan, dan intonasi dengan tepat
3.3 Menanggapi pembacaan naskah cerita dari segi lafal, nada, tekanan, dan intonasi dengan tepat
3.4 Memperbaiki pembacaan naskah cerita dengan benar.
D.      Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Cerita
2.   Naskah cerita bahasa Bugis
E.       Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan   : Scientific
2.      Metode         : Diskusi
F.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Awal (10 menit)
Pendahuluan
a.    Mengecek keadaan kelas dan kesiapan siswa untuk menerima pelajaran
b.    Membaca doa bersama
c.    Mengabsen dan menanyakan keadaan peserta didik
d.    Tanya jawab tentang materi yang lalu
e.    Informasi tentang tujuan, kegiatan dan penilaian pembelajaran yang akan dilaksanakan
2.    Kegiatan Inti (60 menit)
a.       Siswa bersama guru berdialog tentang pengalaman yang berkaitan dengan cerita misalnya siapa saja yang sering mendengar cerita, cerita apa saja yang pernah didengar, siapa saja yang suka bercerita kepada mereka, apa saja manfaat yang dirasakan dari cerita yang didengar? Dengan dialog ini, guru akan mengetahui bagaimana pengalaman siswa tentang cerita dan ketertarikan mereka tentang cerita.
b.      Siswa mendengarkan cerita guru sebagai model bercerita. Cerita disampaikan menggunakan peragaan. Pada saat bercerita guru memeragakan peristiwa-peristiwa untuk memberikan penegasan dan imajinasi kepada anak. Di sinilah diperlihatkan bagaimana volume suara, intonasi, mimik, dan gestur diperlukan dalam bercerita. Para siswa menyimak cerita tersebut sambil memperhatikan peragaan bercerita yang ditampilkan guru. Proses ini menunjukkan model bercerita dengan peragaan. Cerita yang dibawakan misalnya, Sijello’ To Mampu. Sebelumnya siswa diajak dulu berbicara tentang daerah Kabupaten Bone yang berada di Sulawesi Selatan.
c.       Guru mengarahkan siswa untuk membentuk beberapa kelompok diskusi, masing-masing kelompok terdiri atas 3 atau 4 orang.
d.      Kelompok yang sudah terbentuk, diharuskan menunjuk satu orang sebagai pemimpin kelompok.
e.       Kemudian setiap kelompok memilih salah satu cerita bahasa Bugis yang telah disiapkan. Siswa membaca naskah cerita yang telah dipilih. Setiap kelompok mendapat judul cerita yang berbeda.
f.       Siswa berlatih membacakan cerita sesuai dengan peragaan bercerita yang telah didiskusikan. Setiap anggota kelompok mencoba membacakan cerita.
g.       Siswa lain menanggapi hasil pembacaan naskah cerita bahasa Bugis
h.      Siswa diminta membacakan ulang naskah cerita bahasa Bugis untuk perbaikan.
i.        Guru menjelaskan hal-hal yang belum diketahui peserta didik
3.    Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti
b.      Guru melakukan refleksi dan penilaian
c.       Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan yang telah diikuti
d.      Guru menyampaikan pesan-pesan moral
e.       Guru menyampaikan materi pembelajaran berikutnya
f.       Salam dan doa penutup
G.      Penilaian
1.    Sikap Spiritual
LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
  1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti!
  2. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari!
Nama Siswa                 :           ………………….
Kelas                           :           ………………….
Materi Pokok               :           ………………….
Tanggal                        :           ………………….
No.
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1.
Saya semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari ilmu pengetahuan




2.
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan




3.
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan




4.
Saya memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum




5.
Saya mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya




Jumlah




Keterangan:
TP       : Tidak pernah
KD      : Kadang-kadang
SR       : Sering
SL        : Selalu
2.    Sikap Sosial
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP TANGGUNG JAWAB
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Siswa                             : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan                : …………………..
Materi Pokok                           : ………………….
No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3.
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4.
Mengembalikan barang yang dipinjam




5.
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




Jumlah Skor





3.        Pengetahuan
       a.            Teknik Penilaian          : Tes Tulisan
      b.            Bentuk Instrumen        : Uraian (buku tugas)
       c.            Kisi-kisi                       :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjelaskan pengertian cerita

2.
Mendeskripsikan jenis-jenis cerita

3.
Menuliskan contoh-contoh cerita bahasa Bugis

4.
Menjawab pertanyaan-pertanyaan cerita rakyat Bugis  Sijello’ To Mampu

4.        Keterampilan
a.       Teknik Penilaian          : Tes Observasi
b.      Bentuk Instrumen        : Uji petik kerja berupa kegiatan membacakan cerita berbahasa Bugis
c.       Instrumen Penilaian
Rubrik Penilaian pembacaan naskah cerita.
Nama               :
Tanggal            :
Judul cerita      :
No.
Aspek
Deskriptor
Skor
(1-3)
1.
Kesesuaian isi/urutan
Isi cerita sesuai dengan pokok-pokok cerita
-   Mampu menunjukkan isi cerita sangat sesuai dengan pokok-pokok cerita (skor 3)
-   Mampu menunjukkan isi cerita cukup sesuai dengan pokok-pokok cerita (skor 2)
-   Mampu menunjukkan isi cerita kurang sesuai dengan pokok-pokok cerita (skor 1)

2.
Suara
Suara jelas dan kuat serta vokal tepat
-   Mampu menunjukkan suara jelas dan kuat serta vokal sangat baik (skor 3)
-   Mampu menunjukkan suara jelas dan kuat serta vokal cukup baik (skor 2)
-   Mampu menunjukkan suara jelas dan kuat serta vokal kurang baik (skor 1)

3.
Lafal
Pelafalan kata tepat dan jelas
-   Mampu menunjukkan pelafalan kata sangat tepat dan jelas (skor 3)
-   Mampu menunjukkan pelafalan kata cukup tepat dan jelas (skor 2)
-   Mampu menunjukkan pelafalan kata kurang tepat dan jelas (skor 1)

4.
Intonasi
Tinggi rendah pengucapan kata sesuai makna
-    Mampu menunjukkan intonasi dan penekanan yang sangat baik (skor 3)
-    Mampu menunjukkan intonasi dan penekanan yang cukup baik (skor 2)
-    Mampu menunjukkan intonasi dan penekanan yang kurang baik (skor 1)

6.
Mimik
Ekspresi wajah sesuai dengan karakter dan suasana cerita
-   Mampu menunjukkan mimik (ekspresi wajah) yang sangat baik (skor 3)
-   Mampu menunjukkan mimik (ekspresi wajah) yang cukup baik (skor 2)
-   Mampu menunjukkan mimik (ekspresi wajah) yang kurang baik (skor 1)

Jumlah skor maksimal
18
Keterangan:
Berilah tanda skor sesuai rentangan nilainya yaitu antara 1-3.
Skor Maksimum          =  18
Nilai Akhir                  =   Skor Perolehan     X   (100)
                                         Skor Maksimum
H.      Media, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                        : Buku Teks, media power point, Lembar Kerja Siswa
2.      Alat dan bahan         : Naskah Cerita Bugis, Internet, LCD, laptop, spidol
3.      Sumber belajar          :
·           Fachruddin A.E., dkk. Sastra Lisan Bugis. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Departemen pendidikan dan kebudayaan. Jakarta. 1981.
·           Muatan Lokal Untuk SMP Sulawesi Selatan Bahasa Daerah Bugis Kelas VIII “Ada Pappaseng” KTSP 2006. Disusun oleh H. Sukarding, S.Pd., M.Si., Drs.H.Abd. Radjab Masse.

Watampone, 10 Juni  2016

    Mengetahui,
   Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran,


(...............................)                                                        (...............................)

0 komentar:

Posting Komentar