Contoh RPP K13
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP NEG ................
Mata
Pelajaran : Bahasa Daerah
(Bugis)
Kelas/Semester : VIII / I
Alokasi Waktu :
2 x 40 Menit (1 x Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI
1 Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4 Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
3. Membacakan
cerita dalam bahasa Bugis dengan lafal dan intonasi yang tepat
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami
pengertian cerita dengan baik dan benar
3.2 Membacakan
naskah
cerita dengan lafal nada, tekanan, dan
intonasi dengan tepat
3.3 Menanggapi
pembacaan naskah cerita dari segi lafal, nada, tekanan, dan intonasi dengan tepat
3.4 Memperbaiki
pembacaan naskah cerita dengan benar.
D.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian Cerita
2. Naskah
cerita bahasa Bugis
E.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
Pendahuluan
a. Mengecek keadaan kelas dan kesiapan siswa untuk menerima
pelajaran
b.
Membaca
doa bersama
c.
Mengabsen dan
menanyakan keadaan peserta didik
d.
Tanya jawab tentang
materi yang lalu
e. Informasi
tentang tujuan, kegiatan dan penilaian pembelajaran yang akan dilaksanakan
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
a.
Siswa
bersama guru berdialog tentang pengalaman yang berkaitan dengan cerita misalnya
siapa saja yang sering mendengar cerita, cerita apa saja yang pernah didengar,
siapa saja yang suka bercerita kepada mereka, apa saja manfaat yang dirasakan
dari cerita yang didengar? Dengan dialog ini, guru akan mengetahui bagaimana
pengalaman siswa tentang cerita dan ketertarikan mereka tentang cerita.
b.
Siswa
mendengarkan cerita guru sebagai model bercerita. Cerita disampaikan
menggunakan peragaan. Pada saat bercerita guru memeragakan peristiwa-peristiwa
untuk memberikan penegasan dan imajinasi kepada anak. Di sinilah diperlihatkan
bagaimana volume suara, intonasi, mimik, dan gestur diperlukan dalam bercerita.
Para siswa menyimak cerita tersebut sambil memperhatikan peragaan bercerita
yang ditampilkan guru. Proses ini menunjukkan model bercerita dengan peragaan.
Cerita yang dibawakan misalnya, Sijello’
To Mampu. Sebelumnya siswa diajak dulu berbicara tentang daerah Kabupaten
Bone yang berada di Sulawesi Selatan.
c.
Guru mengarahkan siswa untuk membentuk beberapa kelompok
diskusi, masing-masing kelompok terdiri atas 3 atau 4 orang.
d.
Kelompok yang sudah terbentuk, diharuskan menunjuk satu
orang sebagai pemimpin kelompok.
e.
Kemudian
setiap kelompok memilih salah satu cerita bahasa Bugis yang telah disiapkan.
Siswa membaca naskah cerita yang telah dipilih. Setiap kelompok mendapat judul
cerita yang berbeda.
f.
Siswa
berlatih membacakan cerita sesuai dengan peragaan bercerita yang telah
didiskusikan. Setiap anggota kelompok mencoba membacakan cerita.
g.
Siswa lain menanggapi hasil
pembacaan naskah cerita bahasa Bugis
h.
Siswa diminta membacakan ulang
naskah cerita bahasa Bugis untuk perbaikan.
i.
Guru
menjelaskan hal-hal yang belum diketahui peserta didik
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a.
Guru memberi kesempatan
kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti
b.
Guru melakukan refleksi
dan penilaian
c.
Peserta didik dengan
bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan yang telah
diikuti
d.
Guru menyampaikan
pesan-pesan moral
e.
Guru menyampaikan
materi pembelajaran berikutnya
f.
Salam dan doa penutup
G. Penilaian
1.
Sikap Spiritual
LEMBAR
PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk
:
- Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti!
- Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari!
Nama
Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Materi
Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
|
No.
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
|
1.
|
Saya
semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
|
2.
|
Saya
berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan
|
|
|
|
|
|
3.
|
Saya
mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan
|
|
|
|
|
|
4.
|
Saya
memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum
|
|
|
|
|
|
5.
|
Saya
mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
TP : Tidak pernah
KD : Kadang-kadang
SR : Sering
SL : Selalu
2.
Sikap Sosial
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP TANGGUNG JAWAB
Petunjuk :
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam tanggung jawab. Berilah
tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh
siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : ………………….
|
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1.
|
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
|
3.
|
Tidak menuduh
orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
|
4.
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
|
5.
|
Meminta maaf
atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
3.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian :
Tes Tulisan
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
(buku tugas)
c.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
1.
|
Menjelaskan pengertian cerita
|
|
|
2.
|
Mendeskripsikan jenis-jenis cerita
|
|
|
3.
|
Menuliskan
contoh-contoh cerita bahasa Bugis
|
|
|
4.
|
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan cerita rakyat Bugis Sijello’
To Mampu
|
|
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian :
Tes Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Uji
petik kerja berupa kegiatan membacakan cerita berbahasa Bugis
c.
Instrumen Penilaian
Rubrik
Penilaian pembacaan naskah cerita.
Nama :
Tanggal :
Judul cerita :
|
No.
|
Aspek
|
Deskriptor
|
Skor
(1-3)
|
|
1.
|
Kesesuaian
isi/urutan
|
Isi cerita sesuai dengan pokok-pokok cerita
- Mampu
menunjukkan isi cerita sangat sesuai dengan pokok-pokok cerita (skor 3)
- Mampu
menunjukkan isi cerita cukup sesuai dengan pokok-pokok cerita (skor 2)
- Mampu
menunjukkan isi cerita kurang sesuai dengan pokok-pokok cerita (skor 1)
|
|
|
2.
|
Suara
|
Suara jelas dan kuat serta vokal tepat
- Mampu
menunjukkan suara jelas dan kuat serta vokal sangat baik (skor 3)
- Mampu
menunjukkan suara jelas dan kuat serta vokal cukup baik (skor 2)
- Mampu
menunjukkan suara jelas dan kuat serta vokal kurang baik (skor 1)
|
|
|
3.
|
Lafal
|
Pelafalan kata tepat dan jelas
- Mampu
menunjukkan pelafalan kata sangat tepat dan jelas (skor 3)
- Mampu
menunjukkan pelafalan kata cukup tepat dan jelas (skor 2)
- Mampu
menunjukkan pelafalan kata kurang tepat dan jelas (skor 1)
|
|
|
4.
|
Intonasi
|
Tinggi rendah pengucapan kata sesuai makna
- Mampu
menunjukkan intonasi dan penekanan yang sangat baik (skor 3)
- Mampu
menunjukkan intonasi dan penekanan yang cukup baik (skor 2)
- Mampu
menunjukkan intonasi dan penekanan yang kurang baik (skor 1)
|
|
|
6.
|
Mimik
|
Ekspresi wajah sesuai dengan karakter dan suasana cerita
- Mampu
menunjukkan mimik (ekspresi wajah) yang sangat baik (skor 3)
- Mampu
menunjukkan mimik (ekspresi wajah) yang cukup baik (skor 2)
- Mampu
menunjukkan mimik (ekspresi wajah) yang kurang baik (skor 1)
|
|
|
Jumlah
skor maksimal
|
18
|
||
Keterangan:
Berilah tanda
skor sesuai rentangan nilainya yaitu antara 1-3.
Skor Maksimum =
18
Nilai Akhir =
Skor Perolehan X (100)
Skor Maksimum
H. Media,
Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Buku Teks, media power
point, Lembar Kerja Siswa
2. Alat
dan bahan : Naskah Cerita Bugis,
Internet, LCD, laptop, spidol
3. Sumber
belajar :
·
Fachruddin A.E., dkk. Sastra Lisan
Bugis. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Departemen pendidikan dan
kebudayaan. Jakarta. 1981.
·
Muatan Lokal Untuk SMP Sulawesi Selatan
Bahasa Daerah Bugis Kelas VIII “Ada Pappaseng” KTSP 2006. Disusun oleh H.
Sukarding, S.Pd., M.Si., Drs.H.Abd. Radjab Masse.
Watampone,
10 Juni 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
(...............................) (...............................)



0 komentar:
Posting Komentar