Sabtu, 20 Agustus 2016

Contoh RPP KTSP



Contoh RPP KTSP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah             : SMP NEG ..................
Mata Pelajaran            : Bahasa Daerah (Bugis)
Kelas/Semester            : VIII / I
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit (1 x Pertemuan)
A.      Standar Kompetensi
Membaca :
3. Memahami isi wacana bahasa Bugis dan membacakan cerita dalam bahasa Bugis dengan lafal, intonasi yang sesuai dengan konteks
B.       Kompetensi Dasar
3.1 Membacakan cerita dalam bahasa Bugis dengan lafal dan intonasi yang tepat
C.      Indikator
1.    Membacakan naskah cerita dengan lafal nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
2.    Menanggapi pembacaan naskah cerita dari segi lafal, nada, tekanan, dan intonasi
3.    Memperbaiki pembacaan naskah cerita
D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian cerita.
2.   Siswa mampu membacakan naskah cerita dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat.
3.   Siswa mampu menanggapi pembacaan naskah cerita dari segi lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat.
4.   Siswa mampu memperbaiki pembacaan naskah cerita dengan benar.
E.       Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Cerita
2.   Naskah cerita bahasa Bugis
F.       Metode Pembelajaran
1.      Diskusi
2.      Tanya-jawab
3.      Penugasan


G.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Langkah-Langkah
Waktu
Nilai Karakter
1.







2.












































 Kegiatan Awal
1.    Mengecek keadaan kelas dan kesiapan siswa untuk menerima pelajaran
2.    Membaca doa bersama
3.    Mengabsen dan menanyakan keadaan peserta didik
4.    Tanya jawab tentang materi yang lalu
5.    Informasi tentang tujuan, kegiatan dan penilaian pembelajaran yang akan dilaksanakan
Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.    Siswa bersama guru berdialog tentang pengalaman yang berkaitan dengan cerita misalnya siapa saja yang sering mendengar cerita, cerita apa saja yang pernah didengar, siapa saja yang suka bercerita kepada mereka, apa saja manfaat yang dirasakan dari cerita yang didengar? Dengan dialog ini, guru akan mengetahui bagaimana pengalaman siswa tentang cerita dan ketertarikan mereka tentang cerita.
2.    Siswa mendengarkan cerita guru sebagai model bercerita. Cerita disampaikan menggunakan peragaan. Pada saat bercerita guru memeragakan peristiwa-peristiwa untuk memberikan penegasan dan imajinasi kepada anak. Di sinilah diperlihatkan bagaimana volume suara, intonasi, mimik, dan gestur diperlukan dalam bercerita. Para siswa menyimak cerita tersebut sambil memperhatikan peragaan bercerita yang ditampilkan guru. Proses ini menunjukkan model bercerita dengan peragaan. Cerita yang dibawakan misalnya, Sijello’ To Mampu. Sebelumnya siswa diajak dulu berbicara tentang daerah Kabupaten Bone yang berada di Sulawesi Selatan.
Elaborasi
1.    Guru mengarahkan siswa untuk membentuk beberapa kelompok diskusi, masing-masing kelompok terdiri atas 3 atau 4 orang.
2.    Kelompok yang sudah terbentuk, diharuskan menunjuk satu orang sebagai pemimpin kelompok.
3.    Kemudian setiap kelompok memilih salah satu cerita bahasa Bugis yang telah disiapkan. Siswa membaca naskah cerita yang telah dipilih. Setiap kelompok mendapat judul cerita yang berbeda.
4.    Siswa berlatih membacakan cerita sesuai dengan peragaan bercerita yang telah didiskusikan. Setiap anggota kelompok mencoba membacakan cerita.
Konfirmasi
1.    Siswa lain menanggapi hasil pembacaan naskah cerita bahasa Bugis.
2.    Siswa diminta membacakan ulang naskah cerita bahasa Bugis untuk perbaikan.
3.    Guru menjelaskan hal-hal yang belum diketahui peserta didik
Kegiatan Penutup
1.    Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
2.    Melakukan refleksi
3.    Penilaian
4.    Guru memberikan PR atau tugas rumah
5.    Guru menympaikn pesan-pesan moral
6.    Guru menyampaikan materi pembelajaran berikutnya.
10 menit







60 menit











































10 menit
Kerja keras
Rasa ingin tahu
Kreatif





Tanggung jawab
Rasa ingin tahu
Kerja keras









































Kreatif
Saling menghargai
Rasa ingin tahu

H.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
·      Buku paket Ada Pappaseng
·      Teks Cerita Bugis
·      Buku penunjang yang sesuai dengan materi pembelajaran
·      Lingkungan
I.         Prosedur Penilaian
1.      Penilaian Kognitif
a.       Jenis               : Lisan, tertulis, tugas individu
b.      Bentuk           : Uraian
2.      Penilaian Afektif
Bentuk                 : Pengamatan
B. Instrumen Penilaian
 1.        Cerita teks Bugis
Bacalah cerita teks cerita Bugis di bawah ini !
sijElo to mPu
aEK ger esaua wEtu ritnea ri mPu ntEmk pEln aEsoea. aiyro wEtuea aEK esdi andr mtEG tEnu. nsb pEln aEsoea tEnaueln ckeledn mtn ntEnsEdiGi tdEnE tropon no ri tnea. nsb tEmk ckrudun tEnauelni no mietai tropon.
ag naolini asun riasEeG l bolo. mkEd ao bolo tulu mun muaietrEk tropoku mupeRai mai ri bolea. tp mEet muni lpo asu mkEd aiey t tjEni cinPE . teslEni lpo andr emKliGai asun mc mkd tau. Naiy mutoro cinea naEKn epeRai tropoeG.
tEsiag aitn aEKni  aidon emeR ribolea. Ntuju mt muni rupn ann mkllai ritG smn btu rit. njEloni ann naPrEGi mkEd ag tu psikoako nmuapiR mCji btu. aiy apiRGEnro teced-ecedm mpmul rauln luEtu  riaenn. Nedmepbli lpo an nsb mCji btuni rupn. tEnsEdi aen lpo iaido mcji btu top pdto ann. mkuainiro laon gKn silisE bol mCji btu mnE siawE nlEtu silisE kPo nsb aiysi mkPr aiysi mCji btu.
mkuniro amulGEn btu mdup-rup aEKea lEtu aEsoea ri lia mPu. yatonaro nsbri nepsKai tomatoaea ri aPrE kuaea top ri jElo naeko aEK anu mkl-lai ri ait. aiiyerg nriwad-wadi rup olo-koloea.
Jawablah pertanyaan berikut !
1.   Jelaskan pengertian cerita
2.   Berikan tanggapan atas naskah cerita bahasa Bugis yang dibacakan oleh rekan/teman Anda
3.   Perbaikilah kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh rekan/teman Anda dalam pembacaan naskah cerita Bugis








C. Pedoman Penilaian
1.      Lembar Penilaian Kognitif
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Maksimal
Skor Pemerolehan


·      Menjelaskan pengertian cerita
·       Memberikan tanggapan tentang cara pembacaan naskah cerita bahasa Bugis yang dibacakan oleh teman
·       Memberikan perbaikan atas kesalahan pembacaan naskah cerita bahasa Bugis yang dilakukan oleh teman.
30



35




35


Jumlah
100

Petunjuk Penilaian:
            Skor perolehan  X 100 = N
            Skor maksimal
2.        Lembar pengamatan Penilaian Afektif
No.
Nama Siswa
A
B
C
D
Jumlah







Keterangan :
A : Keafektifan dalam PBM                                       Keterangan Skor :
B : Keseriusan mengikuti                                            36- 40 : Amat Baik
C : Menghargai pendapat orang lain                           30-35 : Baik
D : Kejujuran mengerjakan tugas                                15-29 : Cukup
                                                                                    < 25    : Kurang

0 komentar:

Posting Komentar